Leave a comment

Saturday, June 11, 2011

M-BANKING (MOBILE BANKING)

Perkembangan teknologi saat ini semakin beragam. Banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan perkembangan teknologi ini untuk memudahkan dalam melakukan berbagai kegiatan sehari- hari. Salah satu kemudahan yang dirasakan adalah dengan hadirnya kemajuan teknologi dibidang perbankan seperti Mobile Banking dari berbagai Bank di Indonesia. Dengan adanya mobile banking ini, masyarakat dapat menggunakannya untuk berbagai macam keperluan di bidang perbankan yang sangat praktis dan tidak perlu membuang banyak waktu seperti menyetor uang atau membayar tagihan dimanapun dan kapanpun tanpa harus pergi ke ATM karena Mobile Banking dapat diakses melalui handphone dengan berbagai macam provider karena kini banyak provider yang menyediakan layanan mobile banking ini. Beberapa bank yang menyediakan fasilitas mobile banking adalah :

M-BCA adalah fasilitas dari BCA yang memudahkan para nasabahnya untuk melakukan berbagai transaksi perbankan atau non tunai melalui handphone. Berbagai provider gsm dapat digunakan untuk memanfaatkan fasilitas M-BCA ini. Beberapa gsm yang dapat digunakan adalah XL (Xplor dan bebas) yang dibelakang SIM Card XL ada tulisannya MBS, Telkomsel (KartuHALO dan Simpati) yang ada logo M-BCA di SIM Card, dan Indosat (Mentari dan Matrix) yang ada logo mobile banking ready pada kotak perdananya.
Beberapa syarat untuk dapat menggunakan  fasilitas M-BCA adalah:
  • Telah menjadi nasabah BCA dan nasabah harus mempunyai kartu ATM BCA atau  kartu Tapres atau kartu BCA Dollar.
  • Nasabah harus mempunyai SIM Card Mobile Banking Ready. Jika nasabah belum mempunyai SIM Card mobile banking ready, nasabah harus mengganti SIM Card lama dengan SIM Card yang mobile banking ready dengan membeli perdana baru atau bisa juga dengan menukarkan SIM Card lama yang para nasabah miliki dengan SIM Card baru yang mobile banking ready. Para nasabah dapat menukarkannya di gerai provider yang kita gunakan dengan membawa SIM Card yang lama, kartu identitas, serta kartu ATM BCA dan bukti registrasi mobile banking
  • Melakukan registrasi M-BCA di ATM BCA
  • Melakukan aktivasi di Ponsel dengan nomor ponsel yang telah diregistrasi di ATM BCA. Layanan yang langsung dapat dinikmati adalah M-Info, M-Payment dan M-Admin.
  • Melakukan aktivasi di cabang BCA terdekat untuk mengaktifkan layanan M-Transfer dan M-Commerce.
Jika sudah menggunakan fasilitas M-BCA, keuntungan yang dapat dirasakan adalah nasabah dapat dengan mudah menggunakan menu yang sudah tersedia kapan saja dan dimana saja. Selain itu juga sangat aman karena dilengkapi dengan sistem keamanan yang sangat baik, yang dapat kita pilih sendiri nomor PIN yang kita inginkan dan setiap transaksi yang kita lakukan akan di acak sehingga dapat menjamin transaksi yang dilakukan.

MANDIRI SMS adalah fasilitas dari Bank Mandiri yang memberikan layanan perbankan secara elektronik dengan menggunakan handphone untuk mengakses rekening para nasabah Bank Mandiri. Para nasabah dapat menggunakan layanan ini 24 jam non stop dan dapat menggunakannya dengan gratis karena pihak Bank Mandiri membebaskan biaya pendaftaran, administrasi, dan biaya transaksi. Dan untuk dapat menggunakan layanan Mandiri sms, kita harus sudah menjadi nasabah Bank Mandiri yang memiliki rekening tabungan, nasabah harus menjadi pelanggan operator GSM dari XL, Indosat, atau Telkomsel, serta menyetujui ketentuan – ketentuan sebagai pengguna layanan Mandiri sms yang ada pada form aplikasi Mandiri sma atau www.bankmandiri.co.id. Hanya perlu datang ke Mandiri lalu mendaftarkan nomor rekening handphone, nasabah langsung dapat menggunakan layanan ini. Dengan menggunakan layanan ini, nasabah dapat dengan mudah transfer uang, pembelian serta pembayaran tagihan rutin. Limit transaksi transfer sebesar Rp10 juta/transaksi per hari, isi ulang Rp2 juta/hari, dan pembayaran tagihan Rp5 juta/hari.
Menggunakan Mandiri SMS sangat mudah, hanya dengan ketik sms format perintah Mandiri SMS lalu mengirim ke nomor 3355 atau pilih menu Mandiri SMS yang sudah ada dihandphone para nasabah.  Nasabah dapat menggunakan provider XL dengan menu Life in Hand, Telkomsel dengan menu navigator Telkomsel, dan M-B_Mandiri yang ada pada satelindo@access.
Biaya yang dibebankan oleh provider
Fitur Ketik SMS Pilih Menu
Navigator Telkomsel mATM/mPOS Telkomsel Indosat XL
Non-financial SMS + Rp500 SMS + Rp500 SMS + Rp500 Rp500 Rp500
Transfer SMS + Rp500 SMS + Rp500 SMS + Rp500 Rp1000 Rp1000
Pembayaran/pembelian SMS + Rp500 SMS + Rp500 SMS + Rp750 Rp1000 Rp1000
Pembayaran/pembelian Rp500 Rp500 Rp500 Rp500 Rp500
Jika nasabah ingin mendaftarkan diri, nasabah dapat mendaftarkan diri di Bank Mandiri atau di ATM.
Pendaftaran di Bank Mandiri dilakukan dengan cara :
  • Mengisi Formulir Aplikasi Mandiri SMS (FFO 057) lalu menandatanganinya.
  • Menunjukkan bukti diri (KTP/SIM/Paspor), Buku Tabungan atau Kartu ATM.
Pendaftaran di ATM dilakukan dengan :
  • Menggunakan Kartu Mandiri nasabah datang ke Mandiri ATM.
  • Masukkan Kartu ATM disertai dengan 4 digit PIN Kartu ATM.
  • Tekan menu Pendaftaran e-Banking, Pendaftaran Awal, Masukkan no Handphone dan ikuti langkah selanjutnya.
  • Setelah pendaftaran sukses, layanan SMS Banking Anda siap digunakan.
  • Bagi nasabah yang telah mendaftar via ATM, harap datang ke cabang Bank Mandiri untuk mengaktifkan layanan finansialnya (transfer, pembayaran, pembelian).
Keuntungan yang didapat dengan menggunakan Mandiri sms adalah nasabah dapat digunakan 24 jam nonstop dan dapat diakses dimanapun  juga. Serta dapat mengakses produk seperti tabungan, giro, dan deposito baik dalam rupiah atau mata uang asing yang lain hanya dengan satu user ID. Sistem keamanannya juga berlapis karena menggunakan system keamana standard internasional dengan enkripsi SSL 128 bit yang dapat mengacak data transaksi dan dilengkapi dengan token (alat pengaman tambahan untuk transaksi financial di Banking Mandiri).
Internet Banking BRI adalah fasilitas mobile banking yang ditawarkan BRI untuk mendapatkan layanan perbankan melalui sms tanpa perlu mengisi formulir aktivasi. Fasilitas mobile banking ini dapat di gunakan oleh provider XL, Indosat, Telkomsel, Fren, dan Esia tanpa perlu mengganti SIM Card. Nasabah dapat menggunakan melalui SMS Banking BRI 3300 yang memudahkan melakukan berbagai transaksi yang diinginkan kapan saja.
Syarat untuk dapat menggunakan fasilitas SMS Banking BRI 3300 adalah
  • Memiliki BRI Card (ATM BRI)
  • Melakukan registrasi di ATM BRI dengan cara pilih transaksi lain lalu pilih menu Registrasi lalu pilih menu SMS Banking dan masukan nomor PIN.
  • Memiliki PIN SMS Banking BRI sejumlah 6 digit yang didaftarkan via ATM BRI.
  • Menggunakan nomor akses 3300 untuk seluruh operator ( Xl, Telkomsel, Indosat, Fren, dan Esia).
  • Setelah itu, Handphone dapat digunakan untuk layanan SMS Banking BRI. Dengan limit transfer antar rekening BRI yang kartu atm hijau perhari Rp 20.000.000.
Pendaftaran SMS Banking BRI 3300 dapat dilakukan di ATM BRI, dengan cara :
  • Pilih menu Transaksi Lain
  • Pilih menĂº Registrasi
  • Pilih menĂº SMS Banking dan masukkan nomor HP Anda.
  • Masukkan 6 digit PIN SMS Banking BRI (buat sendiri PIN Anda dan jangan beritahukan lepada orang lain)
Untuk Transfer dapat dilakukan dengan cara :
  • Pilih menu pesan baru.
  • Ketik transfer BRI (no.rek.tujuan) (nominal) (PIN SMS)
  • Ketik nomor tujuan 3300
  • Tekan kirim
Untuk Pembayaran dapat dilakukan dengan cara :
  • Pilih menu pesan baru.
  • Ketik bayar citi [no.kartu] [nominal] [PIN SMS]
  • Contoh : bayar citi 4511970000654321 1000000 123456
  • Ketik nomor tujuan 3300
  • Tekan kirim
Apabila ingin membeli Kartu Prabayar :
  • Pilih menu pesan baru
  • Ketik pulsa [no.HP] [nominal/1000] [PIN SMS]
    • Contoh : beli pulsa Rp.100.000,-
    • PULSA 0811978988 100 123456
  • Ketik nomor tujuan 3300
  • Tekan kirim
Keuntungan jika menggunakan Internet Banking BRI adalah mudah, praktis, cepat, dan aman. Dengan ini kita dapat dengan mudah melakukan cek saldo, melakukan berbagai transaksi, pembayaran berbagai tagihan, dan sebagainya.
Sebagai mahasiswa, saya memilih untuk menggunakan Mandiri SMS karena saya dapat digunakan 24 jam nonstop dan dapat diakses dimanapun  juga. Serta dapat mengakses produk seperti tabungan, giro, dan deposito baik dalam rupiah atau mata uang asing yang lain hanya dengan satu user ID. Sistem keamanannya juga berlapis karena menggunakan system keamana standard internasional dengan enkripsi SSL 128 bit yang dapat mengacak data transaksi dan dilengkapi dengan token (alat pengaman tambahan untuk transaksi financial di Banking Mandiri) jadi saya merasa lebih aman jika menggunakan Mandiri SMS.
Sumber :
www.klikbca.com
www.bankmandiri.co.id
https://ib.bri.co.id

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More